KASBI Desak Bank Chinatrust Stop Lelang PT Uni Enlarge


Informasi Terbaru tentang KASBI Desak Bank Chinatrust Stop Lelang PT Uni Enlarge, semoga bisa menambah wawasan anda.

Warta Jatim, Jakarta - Puluhan anggota Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia berunjuk rasa di kantor Bank Chinatrust Indonesia, Jumat (11/12). Mereka menuntut bank tersebut menghentikan proses lelang aset PT Uni Enlarge Industry Indonesia.

Koordinator aksi Dony mengatakan, pelaksanaan lelang aset secara sepihak oleh Bank Chinatrust bertentangan dengan hukum. Sebab, lelang tersebut tanpa pemberitahuan kepada kurator yang menguasai aset PT Uni Enlarge Industry Indonesia.

“Bank Chinatrust Indonesia telah mengajukan kasasi menolak putusan pailit tersebut. Berarti bank tidak setuju atau menolak putusan pailit dan ini kontradiktif dengan proses lelang hari ini,” kata Dony.

Menurut Dony, akibat dinyatakan pailit, ribuan buruh PT Uni Enlarge Industry Indonesia tidak menerima upah sejak September 2009. Padahal, mereka berhak menerima kompensasi selama bekerja di perusahaan.

Ketua Departemen Hukum dan Advokasi Pengurus Pusat KASBI Simon mengatakan, dalam pertemuan antara Depankertrans, perwakilan buruh, dan Komisi IX DPR 7 Desember lalu disepakati untuk tidak melakukan lelang PT Uni Enlarge Industry Indonesia.

Menurut Simon, dalam pertemuan itu manajemen PT Uni Enlarge Industry Indonesia sengaja tidak hadir sehingga dan dianggap menolak hasil rapat. ”Manajemen memiliki iktikad buruk terhadap masalah ini. Mereka terkesan ingin lari dari tanggung jawab.”

Sempat terjadi pemukulan terhadap seorang pengunjuk rasa yang diduga dilakukan oleh intel polisi. Pemukulan terjadi ketika pengunjuk rasa memaksa masuk kantor Bank Chinatrust Indonesia. “Ini gaya Orde Baru yang tidak bisa dibenarkan,” kata Simon.

Pada 26 Agustus 2009 Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutus pailit PT Uni Enlarge Industry Indonesia. Setelah putusan pailit, Bank Chinatrust Indonesia selaku pemegang hak tanggungan utama memutuskan melakukan lelang. (red)

0 komentar:

Posting Komentar